Langsung ke konten utama

AVICENA COMPETITION 2014


A.  Latar Belakang
Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang berada di lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Lulusan dari farmasi atau lebih dikenal dengan nama seorang apoteker dapat bekerja dalam bidang industri (industri bahan alam, industri pabrik obat, industri kosmetik), instansi-instansi pemerintah (Dinas Kesehatan, Puskesmas), di rumah sakit umum, apotek, serta laboratorium klinik. Apoteker berperan sebagai mitra dokter dalam hal pemberian informasi obat. Selain itu seorang apoteker pada ruang lingkup forensik dapat menjalin mitra kerja sama dengan aparat kepolisian demi mengatasi masalah yang berkaitan dengan forensik. Berdasarkan hal tersebut, perlu digali pemikiran dan potensi para pelajar dalam pengembangan profesi Apoteker, terutama kepada para pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena potensi dan prospek Farmasi di Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya cukup terbuka.
Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi (HIMAFARMA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menyelenggarakan AVICENA COMPETITION sebagai sarana kompetisi untuk menyalurkan dan mengembangkan kreativitas dan sikap ilmiah para pelajar serta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan terhadap perkembangan iptek khususnya di bidang farmasi sehingga Avicena Competition dijadikan sebagai program kerja tahunan dari HIMAFARMA. Nama Avicena berasal dari nama seorang ahli pengobatan di Persia yang paling terkenal bernama “Ibnu Sina” atau Avicena pada masa 980- 1037 AC. Masa tersebut juga menandai dimulainya era farmasi sebagai ilmu dan ditemukannya berbagai obat dan cara pembuatan obat.
Avicena Competition telah berlangsung selama delapan kali berturut-turut, yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 dan tahun 2013 adalah penyelenggaraannya yang kedelapan. Tema-tema Avicena Competition yang diangkat setiap tahunnya mengacu pada isu yang sedang banyak diperbincangkan di masyarakat, serta dihubungkan dengan bidang kefarmasian. Pada tahun pertama penyelenggaraan Avicena Competition (2007), hanya mengadakan 2 kategori lomba, yakni lomba debat dan lomba karya tulis ilmiah (LKTI) untuk SMA/SMK Se-Bali. Di tahun-tahun berikutnya jenis lomba bertambah yang disertai dengan peningkatan jumlah peserta serta perluasan ruang lingkup wilayah lomba. Pada tahun kedelapan penyelenggaraan Avicena Competition (2013), kategori lomba ditambah menjadi 6, yaitu esai untuk mahasiswa seluruh Indonesia, LKTI, debat, mading, poster digital untuk tingkat pelajar SMA/SMK, dan poster lukis ilmiah untuk tingkat pelajar SMP. Pada Avicena Competition tahun kedelapan memperebutkan piala bergilir atas nama Rektor Universitas Udayana, piagam dan uang tunai. Acara tersebut didukung oleh BPC, Ganesa Operation, Radio Gema Merdeka, Radio Phoenix, Bali Post, Toga Mas, Bali Tangi, Telkomsel, Indomaret, BWF, Ikatan Alumni Farmasi, Apotek Bekul, CV. Sarana Usadha, Sari Murni Dewata, Lavie, Fakultas MIPA dan Universitas Udayana.
Pada tahun 2014, Avicena Competition memasuki penyelenggaraannya yang kesembilan dengan meningkatkan ruang lingkup lomba yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan memperluas cakupan peserta dari Avicena Competition. Untuk kategori lomba, pada Avicena tahun ini kategori lomba yang akan diadakan, yaitu lomba Esai untuk tingkat mahasiswa D3/S1 se-Indonesia,  LKTI untuk tingkat pelajar SMA/SMK se-Indonesia, lomba debat untuk tingkat pelajar SMA/SMK se-Bali, mading untuk tingkat pelajar SMA/SMK se-Bali, poster digital ilmiah untuk tingkat pelajar SMA/SMK se- regional Jatim-Bali-Nusra, dan poster lukis ilmiah untuk tingkat pelajar SMP se-Bali.
Peningkatan ruang lingkup LKTI untuk SMA/SMK se-Indonesia diharapkan dapat memperluas keikutsertaan peserta dalam acara Avicena Competition dari Bali hingga seluruh Indonesia dan diharapkan dapat menambah kreativitas peserta dalam memperoleh, mengolah, serta menyampaikan ilmu pengetahuan yang mereka miliki dengan cara yang lebih inovatif dan kreatif. Selain itu, pengadaan lomba yang mencakup tingkat nasional ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana ke wilayah luar Bali sehingga menarik minat siswa-siswi luar wilayah Bali untuk melanjutkan pendidikannya ke Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.
Tema umum yang diangkat pada Avicena Competition 2014 kali ini berkaitan dengan  kosmetika. Pengangkatan tema ini dilatarbelakangi oleh penggunaan kosmetik  yang telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan akhir-akhir ini penyebaran produk-produk komestik tertentu di samping memiliki fungsi dalam kecantikan, tetapi di sisi lain dapat menimbulkan efek samping yang merugikan dan membahayakan kesehatan dan kehidupan pemakainya yang disebabkan karena produk kosmetika tersebut mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.
Peraturan BPOM RI No. HK.00.05.42.1018 Tahun 2008 tentang Bahan Kosmetik pada pasal 2 menyatakan beberapa bahan-bahan yang dilarang penggunaannya sebagai bahan kosmetik. Namun bahan-bahan berbahaya tersebut seringkali ditemukan dalam beberapa pengujian terhadap kosmetik yang tersebar dalam pasaran. Masyarakat pada umumnya tidak terlalu peduli terhadap dampak yang mungkin terjadi pada jangka panjang, namun lebih menitikberatkan pada hasil yang cepat dan sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut sebagai salah satu pemicu banyaknya bahan-bahan berbahaya yang ditambahkan produsen untuk menghasilkan produk yang dapat memberi hasil cepat dan menguntungkan.
Kurangnya edukasi dan konseling terhadap kandungan bahan berbahaya dalam kosmetik menyebabkan masyarakat Indonesia seringkali tidak menyadari akan pentingnya keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam penggunaan kosmetik-kosmetik yang baik dan aman. Hal tersebut jika dibiarkan terus menerus menyebabkan ketidaksehatan kulit sehingga berdampak menimbulkan berbagai penyakit serius yang sangat membahayakan dalam jangka panjang.
Berdasarkan uraian di atas, Avicena Competition 2014 mengangkat tema umum “COSMECEUTICAL FOR BEAUTY AND HEALTHY LIFE”. Pada era sekarang, pengembangan pola berpikir yang kreatif dan inovatif sangatlah diperlukan khususnya bagi para pelajar. Pelajar merupakan suatu komponen vital yang harus selalu diasah kreativitasnya agar kelak dapat memajukan bangsa dan negara Indonesia serta mampu bersaing di dunia global. Dengan tema ini, diharapkan antusiasme dari para peserta untuk menumbuhkan jiwa kompetitif dan persuasif yang positif dalam rangka upaya bersama meningkatkan kecantikan dan kesehatan masyarakat dalam penggunaan kosmetik yang baik dan aman. Dan Avicena Competition 2014 dapat menjadi salah satu wadah penyaluran kreativitas dan keterampilan intelektual para pelajar yang berwawasan lingkungan.
Hadiah yang diperebutkan dalam Avicena Competition 2014 antara lain Piala Bergilir atas nama Rektor Udayana, Piala Juara I, II dan III pada masing-masing kategori lomba, Uang Tunai (berkisar antara Rp 300.000,- hingga Rp 1.500.000,-) dan Piagam Penghargaan sebagai bukti sah keikutsertaan Avicena Competition 2014. Harapan dibalik penyelenggaraan Avicena Competition 2014 ini agar para pelajar memiliki ketertarikan untuk meneruskan pendidikan di Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana.

B.  Tema Kegiatan
Tema Umum :
Cosmeceutical For Beauty and Healthy Life

C.  Tujuan Kegiatan
3.1     Untuk mengembangkan minat baca dan tulis di kalangan pelajar.
3.2     Untuk mengembangkan kualitas intelektual dan kecerdasan para pelajar.
3.3     Untuk mengembangkan kepekaan sosial para pelajar.
3.4     Untuk meningkatkan pemanfaatan sains dan teknologi dalam bidang kesehatan.
3.5   Untuk meningkatkan pengetahuan para pelajar mengenai penggunaan kosmetik yang sehat   dan aman.
3.6    Untuk menumbuhkan rasa ketertarikan pada pelajar terhadap dunia farmasi.
3.7 Untuk memperkenalkan Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana kepada para pelajar.

D.  Manfaat Kegiatan
4.1    Agar dapat mengembangkan minat baca dan tulis di kalangan pelajar.
4.2    Agar dapat mengembangkan kualitas intelektual dan kecerdasan para pelajar.
4.3    Agar dapat mengembangkan kepekaan sosial para pelajar.
4.4 Agar dapat meningkatkan pemanfaatan sains dan teknologi dalam bidang kesehatan.
4.5 Agar dapat meningkatkan pengetahuan para pelajar mengenai penggunaan kosmetik yang  sehat dan aman.
4.6  Agar dapat menumbuhkan rasa ketertarikan pada pelajar terhadap dunia farmasi.
4.7 Agar dapat memperkenalkan Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam Universitas Udayana kepada para pelajar

E.  Sasaran Kegiatan
Avicena Competition 2014 ditujukan untuk pelajar-pelajar diantaranya mahasiswa S1/D3 seluruh Indonesia, SMA/SMK seluruh Indonesia dan SMP se-Bali yang disesuaikan berdasarkan jenis lomba yang akan diikuti.

F.   Peserta Kegiatan
Lomba karya tulis ilmiah bersifat perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang) wakil dari SMA/SMK sederajat seluruh Indonesia, lomba debat bersifat kelompok (terdiri dari 3 orang) wakil dari SMA/SMK sederajat se-Bali, lomba mading bersifat kelompok (terdiri dari 5 orang) wakil dari SMA/SMK sederajat se-Bali, lomba poster digital ilmiah bersifat perorangan, wakil dari masing-masing SMA/SMK se-Bali Jatim dan Nusra dan lomba poster lukis ilmiah bersifat perorangan wakil dari masing-masing SMP se-Bali, lomba esai bersifat perorangan dengan peserta dari seluruh Indonesia. Tiap kelompok dari lomba karya tulis dan tiap orang dari lomba poster digital, poster lukis ilmiah, dan esai hanya dapat mengirimkan 1 buah karyanya. Setiap peserta yang mendaftar tidak diperbolehkan mengikuti lebih dari 1 lomba dalam AVICENA COMPETITION 2014.
G. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan lomba ini diadakan 2 hari pada tanggal 6 dan 7 September 2014 bertempat di Gedung Widya Sabha, Gedung Rektorat Lantai 3, dan Gedung AS, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran.

Komentar

  1. lomba esainya hanya untuk mahasiswa farmasi saja atau boleh jurusan lain?

    BalasHapus
  2. Boleh mahasiswa jurusan lain umur 18-25 tahun :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema dan Subtema masing-masing Lomba

Tema Avicena Competition 2014 : “ Cosmeceutical For Beauty and Healthy Life ” Sub Tema masing-masing Lomba 1.       Esai untuk mahasiswa S1-D3 se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu : a.   Paradigma Masyarakat Tentang Kosmetik Indonesia. b. Problematika Penggunaan Produk Kosmetik di Kalangan Masyarakat Indonesia. c. Aplikasi Pharmaceutical Care dalam Penggunaan dan Pemilihan Kosmetik. 2.       LKTI untuk SMA/SMK sederajat se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu: a.     Herbal Cosmetic, Prevention of Poisonous Chemical Usage for Beauty . b. Terobosan Inovatif dalam Pemanfaatan Bahan Alami sebagi Produk Kosmetik. c. Terobosan Inovatif dalam Metode Konseling Cosmeceutical untuk Meningkatkan Mutu Kesehatan, Kecantikan dan Rasa Percaya Diri Masyarakat. 3.       Debat   untuk SMA/SMK sederajat se-Bali Mosi akan   diumumkan oleh panitia melalui blog setelah babak penyisihan. 4.       Mading untuk SMA/SMK sederajat

MOSI DEBAT

  Apotek online sebagai sistem teknologi informasi obat terkini.   Penggunaan hewan percobaan dalam pengembangan produk kosmetik. Pemanfaat an plasenta bayi sebagai suatu terobosan baru di bidang kesehatan. Menggeser (meminimalisir) obat branded dengan penggunaan obat generic Semakin meningkatnya kebutuhan akan obat di negara kita, kurikulum pendidikan farmasi harus disusun ke arah teknologi pembuatan obat Farmasi dalam sebuah chip (Injeksi otomatis menggunakan chip) sebagai terobosan baru dalam pengobatan. Pemanfaaatan teknologi nuklir untuk pengendalian vektor penyakit. Penemuan kloning merupakan suatu terobosan baru dalam pengobatan di bidang kesehatan serta untuk menciptakan manusia unggul.

Technical Meeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA T echnical M eeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH Teknis Acara LKTI Tempat Rektorat Lantai 3 , Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Minggu, 18 September 2011 1.       Enam kelompok peserta yang telah lolos seleksi melakukan registrasi ulang dan menyerahkan ppt (dalam bentuk power point yang disave dalam ppt 2003, disimpan dalam CD dan flasdisk dengan nama file nomor pendaftaran_asal sekolah ). Registrasi berlangsung dari pukul 08.00 – 09.00 WITA . Bertempat di Gedung Rektorat. 2.       Seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan di Gedung Rektorat Lantai 3 . 3.       Peserta LKTI tetap berada di tempat dan menunggu persiapan panitia 4.       Undian akan dilakukan secara spontan oleh panitia pada saat lomba berlangsung 5.       Peserta yang akan tampil diundi setiap akan presentasi 6.       Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan karya ilmiahnya dan 20 menit untuk tanya jawab dengan dewan