Langsung ke konten utama

Technical Meeting PENYISIHAN LOMBA DEBAT DAN LOMBA DEBAT

JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA
Technical Meeting
PENYISIHAN LOMBA DEBAT DAN LOMBA DEBAT

Teknis Penyisihan Lomba Debat
Tempat Gedung AG Kampus Farmasi Bukit Jimbaran, Sabtu, 17 September 2011
1.      Peserta debat diwajibkan melakukan registrasi ulang dari jam 07.30 – 09.00 WITA.
2.      Segala alat komunikasi dititipkan di panitia.
3.      Pendamping tidak diizinkan melihat atau memantau jalannya lomba. Selama lomba berlangsung pendamping akan diarahkan oleh panitia menuju tempat yang telah disediakan.
4.      Tes tulis dimulai pukul 09.00 WITA.
5.      Peserta mengerjakan 15 soal yang akan diberikan oleh panitia secara bertim selama 45 menit.
6.      Setelah mengerjakan tes tulis peserta tetap diam di tempat dan akan dipanggil per tim untuk interview.  Durasi waktu untuk interview adalah 8 menit per-tim.
7.      Berdasarkan hasil tes tulis dan interview, akan dipilih 8 (delapan) kelompok untuk maju ke babak selanjutnya.
8.      Delapan tim yang lolos akan mengikuti babak selanjutnya pada hari berikutnya.

Teknis Lomba Debat
Tempat Gedung CCLE, Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Minggu, 18 September 2011
1.      Seluruh Peserta (8 tim yang lolos babak penyisihan) diwajibkan melakukan registrasi ulang. Registrasi berlangsung dari pukul 08.00 – 09.00 WITA. Bertempat di Gedung Rektorat.
2.      Seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan di Gedung Rektorat Lantai 3.
3.      Setelah mengikuti pembukaan, 8 peserta yang lolos babak penyisihan dipindahkan ke gedung CCLE yang akan dipandu oleh panitia.
4.      Debat terdiri dari dua tim, yaitu pihak afirmatif dan pihak negatif. Tim afirmatif adalah pihak yang setuju terhadap topik yang diberikan, sedangkan tim negatif adalah pihak yang tidak setuju terhadap topik.
5.      Setiap tim akan dipersilakan mengambil undian untuk menentukan pihak afirmatif dan pihak negatif serta pengundian mosi.
6.      Setiap tim terdiri tiga orang, yaitu pembicara 1, pembicara 2, dan pembicara 3.
7.      Peserta debat tidak diperkenankan membawa dan membaca catatan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
8.      Peserta hanya diberikan tiga kertas kosong oleh panitia untuk case building.
9.      Waktu debat adalah 25 menit, 3 menit pertama masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk case building, 3 menit selanjutnya disampaikan oleh tim afirmatif dan 3 menit selanjutnya disampaikan oleh tim negatif, kemudian dilanjutkan oleh pembicara kedua dan ketiga secara bergantian dengan cara yang sama.
10.  Untuk pembacaan kesimpulan diberikan alokasi waktu 2 menit bagi masing-masing tim.
11.  Setiap 2 menit dilakukan pemukulan gong sebagai tanda sisa waktu bicara tinggal 1 menit, dan setelah 1 menit berikutnya dilakukan pemukulan gong lagi sebagai tanda waktu bicara sudah habis.
12.  Setelah semua tim melakukan debat, akan diadakan babak semifinal dan final untuk mencari juara 1, 2, 3, dan harapan serta best speaker.
13.  Berikut adalah skema perlombaan debat.


14.  Penentuan nomor disesuaikan dengan peringkat/rangking pada total nilai tes tulis dan interview.
15.  Setelah lomba selesai, peserta kembali ke Rektorat Lantai 3 untuk pengumuman pemenang dan mengikuti upacara penutupan.
NB :
-          Pembagian piagam peserta dan pembina serta kenang-kenangan dari panitia Avicena Competition 2011 berupa pin akan diberikan di akhir acara
-          Panitia hanya memberikan 1 piagam dan 1 konsumsi (snack dan nasi) untuk 1 pembina dari masing-masing sekolah untuk setiap kategori lomba.

Kriteria Penilaian Lomba Debat
BABAK PENYISIHAN
1.      Seleksi berupa tes tulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal yang dikerjakan per-tim dengan alokasi waktu 45 menit. Setelah melakukan tes tulis setiap tim akan diinterview (problem solving) oleh satu juri dan tim menyampaikan argumentasi mengenai topik yang diberikan.
2.      Tes tulis berupa soal matematika dan  ilmu pengetahuan alam yang berupa aplikasi dan penerapan.
3.      Persentase penilaian:
Total Nilai = Nilai Tes tulis (30%) + Nilai Interview (70%)
Kriteria Penilaian:
a. Wawasan (termasuk data dan kasus aktual penunjang)        : 30%
b. Kemampuan argumentasi.                                                     : 25%
c. Kemampuan komunikasi dan bahasa tubuh.                         : 25%
d. Sikap dan etika.                                                                    : 10%
e. Team work (peran tiap anggota).                                          : 10%
* Rentang nilai untuk setiap kriteria 1-100





TEKNIS LOMBA DEBAT
1.      Lomba debat Avicena Competition 2011 berupa lomba debat berbahasa Indonesia dengan menggunakan Australian Parlementary System (APS).

2.      Kriteria Penilaian Lomba Debat Babak Final :
     a. Wawasan (termasuk data dan kasus aktual penunjang)         : 30%
     b. Kemampuan argumentasi                                                       : 25%
     c. Kemampuan komunikasi dan bahasa tubuh                           : 25%
     d. Sikap dan etika                                                                       : 10%
     e. Team work (peran tiap anggota)                                             : 10%
3.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
4.      Pemilihan best speaker berdasarkan hasil diskusi para juri setelah mengamati jalannya debat dari awal hingga akhir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan National Avicena Competition 2018

Halo Sobat Avicena!😀😀 National Avicena Competition 2018 dengan tema “Pengembangan Bioteknologi dalam Bidang Kefarmasian”. Puncak Avicena Competition akan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2018.
Pendaftaran secara online akan dibuka mulai tanggal 14 Juni sampai 26 Juli 2018. Pendaftaran gelombang I akan dilakukan dengan pembukaan stand National Avicena Competition 2018 di Kampus Sudirman Denpasar (di belakang Gedung Pasca Sarjana Universitas Udayana) dan kampus Bukit, Jimbaran (Sekretariat Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Udayana) dari tanggal 28 Juni sampai 26 Juli 2018.Sedangkan pendaftaran gelombang II akan diadakan pada tanggal 16 sampai 26 Juli 2018. Ayooo segera daftarkan dirimu dan rebut kesempatan untuk memenangkan Piala Bergilir Gubernur Bali, piala dan piagam penghargaan serta uang tunai jutaan rupiah!😄😄 Panduan masing-masing lomba dapat diunduh melalui link dibawah ini:Panduan Lomba Cerdas Cermat Mahasiswa Tingkat NasionalPanduan Lomba Gagasan Tertulis Mahasis…

PANDUAN LOMBA NATIONAL AVICENA COMPETITION 2017

Halo Sobat Avicena!
National Avicena Competition 2017 dengan tema “Menggali Potensi Obat Tradisional Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Manusia” akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 September 2017.

Pendaftaran secara online akan dibuka mulai tanggal 12 Juni sampai 28 Juli 2017.
Pendaftaran gelombang I akan dilakukan dengan pembukaan stand National Avicena Competition 2017 di Kampus Sudirman Denpasar (di belakang Gedung Pasca Sarjana Universitas Udayana) dan kampus Bukit, Jimbaran (Sekretariat Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Udayana) dari tanggal 16 sampai 22 Juni 2017.
Sedangkan pendaftaran gelombang II akan diadakan pada tanggal 19 sampai 28 Juli 2017 dengan dibukanya stand di masing-masing kabupaten, diantaranya SMAN 2 Amplapura, SMAN 1 Bangli, SMAN 1 Negara, SMAN 1 Tabanan, SMAN 1 Semarapura, SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Singaraja, kampus sudirman (belakang gedung pascasarjana), dan sekretariat Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Udayana (B…

WORKSHOP DAN SEMINAR NASIONAL KESEHATAN 2015

SEMINAR DAN WORKSHOP NASIONAL KESEHATAN 2015 'Interprofessional Teamwork to Improve Patient Safety'

Salah satu program dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi (HIMAFARMA) Jurusan Farmasi Fakultas MIPA Universitas Udayana adalah menyelenggarakan kegiatan workshop dan seminar nasional yang bertujuan untuk mengembangkan intelektualitas, soft skill, wawasan, dan pengalaman peserta seminar. Kegiatan seminar menjadi bentuk lain dari penyajian perkuliahan yang lebih menarik dan inovatif. Kegiatan seminar akan disempurnakan pula dengan adanya praktik atau pelatihan langsung melalui kegiatan workshop yang dilaksanakan setelahnya. Selain itu, kegiatan workshop dan seminar yang diselenggarakan dengan mengangkat isu-isu populer di bidang kesehatan, akan menjadi peluang yang strategis untuk menunjukkan eksistensi profesi kesehatan di masyarakat. Workshop dan Seminar Nasional Kesehatan tahun 2015 mengambil tema “Interprofessional Teamwork to Improve Patient Safety”. Pengangkatan tema ini dila…