Langsung ke konten utama

SEMINAR NASIONAL FARMASI 2013

SEMINAR NASIONAL FARMASI 2013
UNIVERSITAS UDAYANA
“New Vision of Pharmaceutical Care in Health Insurance System”

PENDAHULUAN

Salah satu program dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi (HIMAFARMA) Jurusan Farmasi Fakultas MIPA Universitas Udayana adalah menyelenggarakan kegiatan seminar kefarmasian yang bertujuan untuk mengembangkan intelektualitas, soft skill, wawasan, dan pengalaman peserta seminar secara umum dan mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Udayana secara khusus. Kegiatan seminar menjadi bentuk lain dari penyajian perkuliahan yang lebih menarik dan inovatif. Selain itu, seminar ini dapat menjadi peluang strategis untuk menunjukkan eksistensi Jurusan Farmasi Udayana adalah melalui kegiatan seminar yang diselenggarakan dengan mengangkat isu-isu populer di bidang kefarmasian.

Seminar Nasional Kefarmasian tahun 2013 mengambil tema “New Vision of Pharmaceutical Care in Health Insurance System”. Pentingnya mengangkat tema ini, karena mulai awal 2014 akan dilaksanakan Sistem Jaminan Sosial Nasional secara bertahap dan pada 2019 seluruh penduduk Indonesia diharapkan sudah memiliki jaminan sosial sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 yang menjamin tentang hak-hak setiap warga negara Indonesia dan Undang-undang No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Sistem jaminan sosial nasional ini mencakup jaminan terhadap hak-hak seorang warga negara Indonesia termasuk dalam hal pelayanan kesehatan sesuai UU No. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) yang merupakan terobosan besar oleh pemerintah untuk menjamin bahwa setiap penduduk mendapatkan haknya dalam pelayanan kesehatan berbasis asuransi.

Konsekuensi penerapan jaminan kesehatan berbasis asuransi yaitu akan terjadi pengendalian yang ketat terhadap terapi termasuk dalam bidang farmasi. Pelayanan kesehatan ini menuntut adanya suatu penerapan Pharmaceutical care yang baik yang merupakan suatu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang farmasis. Prinsip sistem pelayanan terkendali yang lazim digunakan dalam asuransi kesehatan sosial adalah pengintegrasian antara kualitas pelayanan kesehatan dengan biaya yang dikeluarkan untuk pelayanan kesehatan tersebut. Sistem ini akan memberi insentif yang lebih besar bagi penyedia layanan kesehatan yang mampu memberikan pelayanan secara efektif. Menghadapi kondisi ini, dunia farmasi di Indonesia harus siap berbenah untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Demikianlah, Seminar nasional ini akan dibuka untuk mahasiswa khususnya mahasiswa farmasi dan praktisi dalam bidang farmasi. Mengingat acara ini sangat penting, maka diharapkan dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan acara ini.

[English Version]

One of the program of the HIMAFARMA, Department of Pharmacy, Faculty of Mathematics and Science, University of Udayana, is the seminar of pharmacy that aims to develop the intellect, soft skills, insight and experience of participants in general and students of Department of Pharmacy, University of Udayana in particular. This seminar is another form of presenting lectures to be more interesting and innovative. In addition, this seminar can be a strategic opportunity to demonstrate the existence of the Department of Pharmacy Udayana is through organized seminars with popular issues raised in the field of pharmacy.

National Seminar on Pharmaceutical Services in 2013 took the theme "New Vision of Pharmaceutical Care in Health Insurance System". The importance of the theme of this, due to start early 2014 will be held on National Social Security System in stages and by 2019 the entire population of Indonesia is expected to have a social security in accordance with the mandate of the UUD 1945, which guarantees the rights of every citizen of Indonesia and the Law No. 40 in 2004 on National Social Security System. National social security system includes a guarantee of the rights of a citizen of Indonesia, including in terms of health services in accordance with Law No. 24 in 2011 concerning the implementation of the Social Security (BPJS) which is a major breakthrough by the government to ensure that every resident get their due in the insurance-based health care.

The consequences of the implementation of insurance-based health insurance that will be strict control of the therapy is included in the pharmaceutical field. Health services require the existence of a good application of the Pharmaceutical care which is a competency that must be owned by a pharmacist. The principle of controlled service system commonly used in social health insurance is the integration between the quality of health care and the costs for the health service. This system will provide a greater incentive for health care providers are able to provide services effectively. Faced with these conditions, the pharmaceutical world in Indonesia must be ready to adjust to the changes. Thus, a national seminar will be open to students, especially students and practitioners in the field of pharmacy pharmacy. Considering of this very important event, it is expected that the support of all parties to the success of this event.


WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Sabtu, 02 Maret 2013 08.30 – selesai
Hotel Werdhapura Jl. Danau Tamblingan No.49 Sanur, Denpasar – Bali

PEMATERI
Drs. Yadi Mulyadi, Apt.
(Kepala PT. Askes Persero Divisi Regional XI)
Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) sebagai Pedoman Baru dalam Dunia Kesehatan.

Drs. M. Dani Pratomo, MM., Apt.
(Ketua Umum Pengurus Pusat IAI)
Memahami Peranan dan Tantangan Profesi Kefarmasian di Era Jaminan Kesehatan Nasional.

Dra. Ahdia Amini, MBA.
(Praktisi Bidang Industri Farmasi Pemerintah)
Kesiapan Industri Farmasi Pemerintah dalam Menjawab Peningkatan Kebutuhan Obat Generik di Era SJSN

dr. Ni Made Dwi Diantari
(Praktisi bidang kesehatan)
Kerja Sama Dokter Keluarga dan Apoteker dalam Menghadapi Era SJSN 2014

PENDAFTARAN
• Pendaftaran gelombang I (08 Februari – 18 Februari 2013)
Mahasiswa S1 : Rp 60.000,00
Praktisi Farmasi : Rp 150.000,00 

• Pendaftaran gelombang II (19 Februari – 28 Februari 2013)
Mahasiswa S1 : Rp 60.000,00
Praktisi Farmasi : Rp 175.000,00

• On the spot (02 Maret 2013)
Harga Tiket : Rp 200.000,00

FASILITAS PESERTA
Seminar kit (notepad, pulpen, materi seminar)
Konsumsi (snack dan makan siang)
Piagam dan SKP IAI

SASARAN
Mahasiswa farmasi dan praktisi bidang farmasi

Contact Person:
085738424747 (Synthia Laras)
085737307681 (Devita) 

HIMAFARMA
JURUSAN FARMASI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS UDAYANA

FIND US AT:
Facebook : Seminar Nasional Farmasi Unud
Twitter : @Semnas_Farmasi
Email : semnasfarmasiudayana@yahoo.co.id
Blog: http://himafarmaunud.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema dan Subtema masing-masing Lomba

Tema Avicena Competition 2014 : “ Cosmeceutical For Beauty and Healthy Life ” Sub Tema masing-masing Lomba 1.       Esai untuk mahasiswa S1-D3 se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu : a.   Paradigma Masyarakat Tentang Kosmetik Indonesia. b. Problematika Penggunaan Produk Kosmetik di Kalangan Masyarakat Indonesia. c. Aplikasi Pharmaceutical Care dalam Penggunaan dan Pemilihan Kosmetik. 2.       LKTI untuk SMA/SMK sederajat se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu: a.     Herbal Cosmetic, Prevention of Poisonous Chemical Usage for Beauty . b. Terobosan Inovatif dalam Pemanfaatan Bahan Alami sebagi Produk Kosmetik. c. Terobosan Inovatif dalam Metode Konseling Cosmeceutical untuk Meningkatkan Mutu Kesehatan, Kecantikan dan Rasa Percaya Diri Masyarakat. 3.       Debat   untuk SMA/SMK sederajat se-Bali Mosi akan   diumumkan oleh panitia melalui blog setelah babak penyisihan. 4.       Mading untuk SMA/SMK sederajat

MOSI DEBAT

  Apotek online sebagai sistem teknologi informasi obat terkini.   Penggunaan hewan percobaan dalam pengembangan produk kosmetik. Pemanfaat an plasenta bayi sebagai suatu terobosan baru di bidang kesehatan. Menggeser (meminimalisir) obat branded dengan penggunaan obat generic Semakin meningkatnya kebutuhan akan obat di negara kita, kurikulum pendidikan farmasi harus disusun ke arah teknologi pembuatan obat Farmasi dalam sebuah chip (Injeksi otomatis menggunakan chip) sebagai terobosan baru dalam pengobatan. Pemanfaaatan teknologi nuklir untuk pengendalian vektor penyakit. Penemuan kloning merupakan suatu terobosan baru dalam pengobatan di bidang kesehatan serta untuk menciptakan manusia unggul.

Technical Meeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA T echnical M eeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH Teknis Acara LKTI Tempat Rektorat Lantai 3 , Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Minggu, 18 September 2011 1.       Enam kelompok peserta yang telah lolos seleksi melakukan registrasi ulang dan menyerahkan ppt (dalam bentuk power point yang disave dalam ppt 2003, disimpan dalam CD dan flasdisk dengan nama file nomor pendaftaran_asal sekolah ). Registrasi berlangsung dari pukul 08.00 – 09.00 WITA . Bertempat di Gedung Rektorat. 2.       Seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan di Gedung Rektorat Lantai 3 . 3.       Peserta LKTI tetap berada di tempat dan menunggu persiapan panitia 4.       Undian akan dilakukan secara spontan oleh panitia pada saat lomba berlangsung 5.       Peserta yang akan tampil diundi setiap akan presentasi 6.       Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan karya ilmiahnya dan 20 menit untuk tanya jawab dengan dewan