Langsung ke konten utama
Tirta Yatra  Farmasi Tahun 2013

Kegiatan Tirta Yatra 2013 merupakan suatu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Farmasi (HIMAFARMA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana dimana dalam pelaksanaannya kesiapan panitia cukup baik dan lancar. Pengalam Tirta Yatra tahun ini dirasakan agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena jumlah peserta yang mengikutinya lebih sedikit jika dibandinkan dengan tahun lalu. Hal ini disebabkan bukan karena peminat Tirta Yatra di kalangan Mahasiswa Farmasi berkurang namun karena satu angkatan yaitu angkatan 2010 tidak dapat meninggalkan mata kuliah pada hari yang bersamaan. Namun hal ini tidak menjadi penyurut niat para peserta lainnya untuk melakukan persembahyangan ke pura tujuan Tirta Yatra.
Tirta Yatra tahun ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 30 Maret 2013. Sampai hari terakhir pendaftaran peserta Tirta Yatra jumlah peserta yang sudah mendaftar sejumlah 120 orang. Sehari sebelum keberangkatan panitia melakukan persembahyangan matur piuning di Padmasana Kampus Farmasi dan Padmasana Gedung Rektorat, hal ini dilakukan untuk memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar pelaksanaan Tirta Yatra Farmasi 2013 berlangsung dengan lancar tanpa halangan yang berarti.
Pada tanggal 30 Maret  di Kampus Udayana Sudirman, peserta berkumpul sesuai rundown acara pada pukul 05.30 wita. Sebelum keberangkatan peserta diarahkan untuk memasuki masing-masing bus yang telah disiapkan sesuai dengan daftar absen yang diatur oleh panitia. Tepat pada pukul 07.00 wita ketiga bus yang mengangkut peserta tirta yatra bertolak menuju ke pura pertama yakni Pura Ulun Danu Batur yang pada saat itu bertepatan dengan piodalan.
Sekitar 08.30 bus Tirta Yatra kami tiba di kawasan Pura Ulun Danu Batur. Hal yang tak terduga pun kami alami disini. Bus yang biasanya diarahkan untuk parkir sekitar 1 Km dari Pura, kali ini diberikan kesempatan untuk menurunkan peserta tepat di depan Pura Ulun Danu Batur. Sehingga para peserta tidak harus berjalan kaki sejauh 1 km lagi untuk dapat bersembahyang. Peserta yang telah diberikan pengarahan oleh panitia, mulai berpencar karena persembahyangan akan dilakukan oleh masing-masing mahasiswa. Kondisi pemedek selain dari mahasiswa farmasi juga dipadati oleh peserta dari berbagai rombongan seperti siswa SMA dan pemedek yang membawa mobil pribadi.
Tampak antrean panjang yang memenuhi area Jaba Tengah dari Pura Batur. Rombongan Farmasi Udayana mendapat kesempatan untuk bersembahyang pada gelombang pertama. Persembahyangan dilaksanakan dengan iringan dari pemangku setempat dengan suasana yang hening semua peserta memanjatkan doa kehadapanNya. Setelah tirta dibagikan, semua rombongan keluar dari areal pura dengan tertib melaui pintu keluar yang disediakan dan kembali ke bus untuk segera melanjutkan perjalanan ke pura Besakih.
Sekitar pukul 01.00 wita, rombongan tiba di kawasan pura Besakih. Bus rombongan tirta yatra Farmasi menempati lapangan parkir paling bawah, dengan jarak sekitar 2,5 km dari area pura. Rintik hujan mulai turun saat rombongan akan memulai perjalanan yang cukup jauh menuju pura. Sama seperti Pura Batur, di Pura Besakih juga bertepatan dengan piodalan yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali. Persembahyangan d Pura Besakih berjalan lancar walaupun harus diguyur hujan yang cukup deras. Setelah kurang lebih 3 jam waktu persembahyangan, rombongan kembali ke bus untuk bertolak ke Kampus Sudirman dan mengakhiri perjalanan Tirta Yatra Farmasi 2013 ini. Tepat pukul 17.30 wita peserta tiba di kampus Sudirman.























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema dan Subtema masing-masing Lomba

Tema Avicena Competition 2014 : “ Cosmeceutical For Beauty and Healthy Life ” Sub Tema masing-masing Lomba 1.       Esai untuk mahasiswa S1-D3 se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu : a.   Paradigma Masyarakat Tentang Kosmetik Indonesia. b. Problematika Penggunaan Produk Kosmetik di Kalangan Masyarakat Indonesia. c. Aplikasi Pharmaceutical Care dalam Penggunaan dan Pemilihan Kosmetik. 2.       LKTI untuk SMA/SMK sederajat se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu: a.     Herbal Cosmetic, Prevention of Poisonous Chemical Usage for Beauty . b. Terobosan Inovatif dalam Pemanfaatan Bahan Alami sebagi Produk Kosmetik. c. Terobosan Inovatif dalam Metode Konseling Cosmeceutical untuk Meningkatkan Mutu Kesehatan, Kecantikan dan Rasa Percaya Diri Masyarakat. 3.       Debat   untuk SMA/SMK sederajat se-Bali Mosi akan   diumumkan oleh panitia melalui blog setelah babak penyisihan. 4.       Mading untuk SMA/SMK sederajat

MOSI DEBAT

  Apotek online sebagai sistem teknologi informasi obat terkini.   Penggunaan hewan percobaan dalam pengembangan produk kosmetik. Pemanfaat an plasenta bayi sebagai suatu terobosan baru di bidang kesehatan. Menggeser (meminimalisir) obat branded dengan penggunaan obat generic Semakin meningkatnya kebutuhan akan obat di negara kita, kurikulum pendidikan farmasi harus disusun ke arah teknologi pembuatan obat Farmasi dalam sebuah chip (Injeksi otomatis menggunakan chip) sebagai terobosan baru dalam pengobatan. Pemanfaaatan teknologi nuklir untuk pengendalian vektor penyakit. Penemuan kloning merupakan suatu terobosan baru dalam pengobatan di bidang kesehatan serta untuk menciptakan manusia unggul.

Technical Meeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA T echnical M eeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH Teknis Acara LKTI Tempat Rektorat Lantai 3 , Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Minggu, 18 September 2011 1.       Enam kelompok peserta yang telah lolos seleksi melakukan registrasi ulang dan menyerahkan ppt (dalam bentuk power point yang disave dalam ppt 2003, disimpan dalam CD dan flasdisk dengan nama file nomor pendaftaran_asal sekolah ). Registrasi berlangsung dari pukul 08.00 – 09.00 WITA . Bertempat di Gedung Rektorat. 2.       Seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan di Gedung Rektorat Lantai 3 . 3.       Peserta LKTI tetap berada di tempat dan menunggu persiapan panitia 4.       Undian akan dilakukan secara spontan oleh panitia pada saat lomba berlangsung 5.       Peserta yang akan tampil diundi setiap akan presentasi 6.       Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan karya ilmiahnya dan 20 menit untuk tanya jawab dengan dewan