Langsung ke konten utama

MENTORING PKM KEWIRAUSAHAAN DAN PKM PENGABDIAN MASYARAKAT

MENTORING PKM KEWIRAUSAHAAN DAN PKM PENGABDIAN MASYARAKAT

Sebagai salah satu jurusan di lingkungan Universitas Udayana, Jurusan Farmasi Unud setiap tahunnya menorehkan prestasi dalam program PKM yang mana pada tahun 2014 merupakan jurusan dengan jumlah proposal PKM terbanyak yang didanai oleh Dikti diantara jurusan lain di Universitas Udayana. Pada tahun 2015, jurusan farmasi Unud kembali ingin meningkatkan jumlah proposal PKM yang didanai oleh Dikti. Selama ini jurusan farmasi lebih banyak meloloskan proposal PKM Penelitian dibandingkan jenis PKM lainnya. Atas dasar tersebut, jurusan farmasi Unud bermaksud meningkatkan jumlah proposal PKM lainnya khususnya PKM Kewirausahaan dan PKM Pengabdian Masyarakat dengan melibatkan mahasiswa angkatan 2012 dan 2013. Di sisi lain, peningkatan jumlah proposal PKM tentunya harus didukung dengan kualitas proposal yang baik sehingga meningkatkan peluang untuk lolos menjadi proposal PKM yang didanai oleh Dikti. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembinaan yang baik selama pembuatan proposal PKM. Untuk mencapai tujuan tersebut, Himafarma melalui Pharmacy Science Club melaksanakan program mentoring PKM Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat kepada angkatan 2012 dan 2013. Selain untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan mentoring ini juga bertujuan untuk memberi kesempatan pada dosen, mahasiswa, maupun alumni untuk dapat berinteraksi di luar jadwal perkuliahan sehingga diharapkan akan meningkatkan rasa persaudaraan diantara civitas akademika jurusan farmasi Unud.
Mentoring PKM Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat merupakan mentoring pertama yang diadakan oleh Pharmacy Science Club. Dengan menghadirkan Ketua Jurusan Farmasi Bapak Dr.rer.nat I.M.A. Gelgel Wirasuta, M. Si., Apt. sebagai pembicara utama dan didampingi Ibu Ni Putu Eka Leliqia, S. Farm., M. Si., Apt. selaku dosen bidang kemahasiswaan, mentoring ini dilaksanakan pada Rabu (28/05/2014) pukul 13.00 sampai 15.00  bertempat di gedung AI lantai 3. Walaupun program PKM yang akan diikuti adalah PKM pada periode 2015, namun mentoring ini dilakukan jauh-jauh hari mengingat pengunduhan proposal biasanya dijadwalkan pada bulan September tahun sebelumnya sehingga waktu pembimbingan mahasiswa dalam pembuatan proposal dapat dilakukan lebih awal.
Dengan dikemas dalam suasana yang santai, mentoring PKM Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat diawali dengan perkenalan Pharmacy Science Club yang baru dibentuk pada Kepengurusan Himafarma periode 2013/2014. Selanjutnya, Pak Gelgel selaku pembicara utama memberikan penjelasan dan pengarahan mengenai PKM Kewirausahaan dan Pengabdian masyarakat. Pak Gelgel mengawali dengan sharing mengenai pentingnya membangun ikatan kekeluargaan antar civitas di jurusan farmasi dan meningkatkan rasa cinta terhadap almamater. Setelah itu, dijelaskan mengenai roadmap riset di jurusan farmasi serta PKM Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat. Selama kegiatan mentoring yang diberikan oleh Pak Gelgel, terdapat beberapa pertanyaan dari peserta terutama mengenai teknis pembuatan proposal PKM. Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut atas pertanyaan peserta maka akan disebarkan e-book Petunjuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Dikti ke masing-masing angkatan sebagai panduan mahasiswa dalam menyusun proposal PKM. Kemudian mentoring diakhiri dengan beberapa pengumuman lebih lanjut terkait PKM Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat oleh pengurus Pharmacy Science Club.


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema dan Subtema masing-masing Lomba

Tema Avicena Competition 2014 : “ Cosmeceutical For Beauty and Healthy Life ” Sub Tema masing-masing Lomba 1.       Esai untuk mahasiswa S1-D3 se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu : a.   Paradigma Masyarakat Tentang Kosmetik Indonesia. b. Problematika Penggunaan Produk Kosmetik di Kalangan Masyarakat Indonesia. c. Aplikasi Pharmaceutical Care dalam Penggunaan dan Pemilihan Kosmetik. 2.       LKTI untuk SMA/SMK sederajat se-Indonesia Adapun sub tema yang dapat dipilih yaitu: a.     Herbal Cosmetic, Prevention of Poisonous Chemical Usage for Beauty . b. Terobosan Inovatif dalam Pemanfaatan Bahan Alami sebagi Produk Kosmetik. c. Terobosan Inovatif dalam Metode Konseling Cosmeceutical untuk Meningkatkan Mutu Kesehatan, Kecantikan dan Rasa Percaya Diri Masyarakat. 3.       Debat   untuk SMA/SMK sederajat se-Bali Mosi akan   diumumkan oleh panitia melalui blog setelah babak penyisihan. 4.       Mading untuk SMA/SMK sederajat

MOSI DEBAT

  Apotek online sebagai sistem teknologi informasi obat terkini.   Penggunaan hewan percobaan dalam pengembangan produk kosmetik. Pemanfaat an plasenta bayi sebagai suatu terobosan baru di bidang kesehatan. Menggeser (meminimalisir) obat branded dengan penggunaan obat generic Semakin meningkatnya kebutuhan akan obat di negara kita, kurikulum pendidikan farmasi harus disusun ke arah teknologi pembuatan obat Farmasi dalam sebuah chip (Injeksi otomatis menggunakan chip) sebagai terobosan baru dalam pengobatan. Pemanfaaatan teknologi nuklir untuk pengendalian vektor penyakit. Penemuan kloning merupakan suatu terobosan baru dalam pengobatan di bidang kesehatan serta untuk menciptakan manusia unggul.

Technical Meeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

JURUSAN FARMASI FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA T echnical M eeting LOMBA KARYA TULIS ILMIAH Teknis Acara LKTI Tempat Rektorat Lantai 3 , Universitas Udayana, Bukit Jimbaran, Minggu, 18 September 2011 1.       Enam kelompok peserta yang telah lolos seleksi melakukan registrasi ulang dan menyerahkan ppt (dalam bentuk power point yang disave dalam ppt 2003, disimpan dalam CD dan flasdisk dengan nama file nomor pendaftaran_asal sekolah ). Registrasi berlangsung dari pukul 08.00 – 09.00 WITA . Bertempat di Gedung Rektorat. 2.       Seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan di Gedung Rektorat Lantai 3 . 3.       Peserta LKTI tetap berada di tempat dan menunggu persiapan panitia 4.       Undian akan dilakukan secara spontan oleh panitia pada saat lomba berlangsung 5.       Peserta yang akan tampil diundi setiap akan presentasi 6.       Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan karya ilmiahnya dan 20 menit untuk tanya jawab dengan dewan